ANALISIS HUBUNGAN ANTARA UNSUR-UNSUR BAURAN PEMASARAN DENGAN PENCIPTAAN SUATU EKUITAS MERK
Latar belakang : Untuk meneliti bagaimanakah sebenarnya hubungan antara unsur-unsur bauran pemasaran dengan penciptaan suatu ekuitas merk.
Masalah : Seberapa pentingkah ekuitas merek memberikan diferensiasi yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif berdasarkan persaingan non-harga.
Tujuan : 1). Mengetahui aktifitas pemasaran tertentu yang membangun atau sebaliknya merusak ekuitas merek.
2). Temuan mampu memperkaya wawasan tentang aktivitas pemasaran dalam mengendalikan pengembangan.
3). Mendukung teori dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pengenmbangan ekuitas merek baik bersumber dari buku literatur maupun jurnal-jurnal ilmiah.
Metodelogi :
1). Populasinya adalah seluruh masyarakat kota Malang dantargetnya adalah mahasiswa perguruan tinggi di Malang.
2). Sampel dilakukan secara aksidental yaitu memilih responden yang kebetulan ditemui, dengan membuat 15 versi kuisioner.
3). Analisis Data : Semua item diukur dengan menggunakan 5 point skala likert serta uji kesesuaian dan uji statistik dilakukuan dengan bantuan program AMOS 4.0
Penelitian dan Hasil
Uji Validitas :Hasil menunjukan nilai critical ratio antara 5.379 sampai denagn 9.380 yang secara signifikan berada diatas nilai batas 1.960.
Uji Reliabilitas : Hasil perhitungan construct reliability menunjukan rata-rata masih diatas nilai batas yang ditentukan antara 0,70 samapai dengan 0,83.
Hasil : Menunjukan ada 2 tipe usaha manajerial pemasaran yang bisa dianalisis dari manajemen merek dengan perspektif jangka panjang yaitu aktifitas yang membangun merek dan aktifitas yang merusak merek.
Kesimpilan dan Saran
Kesimpulan : Ekiutas merek memberikan keunggulan komparatif yang sustainable karena mampu menciptakan suatu hambatan bersaing yang bermakna.
Saran : Interaksi yang lebih dinamis pada ekuitas merek derta konsekuensinya perlu diteliti karena meskipun ekuitas merek adalah suatu hasil dari usaha bauran pemesaran, pada saat bersamaan ekuitas merek mungkin juga hasil dari nilai pelanggan yang diperoleh sebelumnya.
Sumber : www.google.com
images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgB21goKCpkAAHxLE3Y1/Bauran%20p%5Bemasaran%20dan%20ekuitas%20merk.doc?nmid=22634037
Topik : Pengaruh merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar